Selasa, 18 Desember 2012

Perencanaan Komunikasi..


Nama         : Munirotun Nisak                
NIM          : 26.10.1.1.016


1.      Berikut pengertian-pengertiannya

a.        difersification strategy adalah sebuah strategi perusahaan untuk menaikkan penetrasi pasar.
b.      Turnaround strategy merupakan strategi yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengembalikan perusahaan dari kondisi penurunan prestasi ke kondisi berlaba (Jane, 2000)
c.       Defensive strategy adalah strategy bertahan. bertujuan mengurangi kemungkinan diserang, membelokkan serangan ke arah yang tidak membahayakan, atau mengurangi intensitasnya.
d.      Agresif strategy merupakan strategi yang berusaha menangkap gerakan harga yang terjadi di pasar sedini mungkin untuk mendapatkan profit yang maksimal.

2.      Carilah definisi komunikasi bisnis!!!

Ø  Komunikasi
a.       Komunikasi adalah suatu upaya yang sistematis untuk merumuskan secara tegas prinsip-prinsip dan atas dasar prinsip tersebut tersebut disampaikan informasi sertab dibentuk pendapat dan sikap (Carl L. Hovland).
b.      Komunikasi adalah “Who says, what in, which channel, to whom ans with what effect”.
ü  Siapa yang mengatakan
ü  Dengan atau melalui saluran apa
ü  Kepada siapa
ü  Dengan efek atau pengaruh apa
(Harold D. Laswel)
c.       Komunikasi adalah proses menyortir, memilih, dan pengiriman simbol-simbol sedemikian rupa agar membantu pendengar membangkitkan respons/ makna dari pemikiran yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh komunikator (Raymond Ross).

Ø  Bisnis
a.       Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya untuk mendapatkan laba.
b.      Bisnis adalah suatu lembaga yg menghasilkan barang dan jasa yg dibutuhkan masyarakat.apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka lembaga bisnispun akan meningkat pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh laba (Brown dan Petrello).
c.       Bisnis adalah perdagangan yg dilakukan oleh sekelompok orang yg terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen (Mahmud Machfoed).

Ø  Komunikasi Bisnis 
a.         Komunikasi Bisnis adalah adanya pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersil. Komunikasi bisnis’ diartikan sebagai komunikasi yang terjadi dalam dunia bisnis dalam rangka mencapai tujuan dari bisnis itu (Katz, 1994).
b.        Menurut Rosenbaltt (1982:7) Business Communication are purposive interchange of ideas, opinions, information, instructions, and the like, presented personally or impersonally by symbols or signal as attain the goals of the organizations“ (Komunikasi Bisnis adalah pertukaran ide-ide opini, informasi, instruksi dan sejenisnya, yang dikemukakan baik secara personal ataupun nonpersonal melalui simbol atau tanda, untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan).
c.         Menurut Persing (1981:108) “Business communication may be defined as the spiraling process of the transaction of meanings through symbolic action involving all elements associated with sending and receiving written, oral, and nonverbal messages internal to organizations of paid people working together to produce and market goods and services for provit (Komunikasi Bisnis adalah proses penyampaian arti melalui lambang-lambang yang meliputi keseluruhan unsur-unsur yang berhubungan dengan proses penyampaian dan Penerimaan pesan, baik itu dalam bentuk tulisan, lisan, maupun nonverbal yang dilakukan di dalam suatu organisasi yang membayar orang yang secara bersama-sama memproduksi dan memasarkan barang-barang dan jasa guna memperoleh keuntungan).

3.      Apa perbedaan dan persamaan komunikasi bisnis dengan komunikasi bisnis islam???
Sebenarnya sama saja, dua hal ini sama-sama mengatur dan menjelaskan mengenai konsep berbisnis yang baik. Namun ada beberapa hal yang memang berbeda. Jika komunikasi bisnis umum lebih memfokuskan ke cara kerja, produksi, pelayanan dan laba yang didapat. Sebenarnya begitu juga dengan komunikasi bisnis islam, akan teetapi di dalamnya terdapat beberapa etika yang komunikasi bisnis umum tidak miliki. Salah satunya berpedoman pada Qur’an dan hadist, dimana terdapat hal-hal yang tidak boleh ada didalamnya seperti riba, korupsi, curang, dan lain-lain.

4.      Mengapa implementasi komunikasi bisnis islam di Indonesia itu kurang bias berjalan dengan islam?
Hilangnya atau belum adanya fill islam dalam berbisnis di masyarakat Indonesia, menurut saya dikarenakan masih kurangnya kesadaran akan pentingnya suatu pedoman yaitu al-Qur’an dan hadist. Sistem kapitalis yang berkembang di masyarakat luas, sangat dipengaruhi oleh kebudayaan barat yaitu adanya penjajah pada masa lampau. Dan saat ini pun penjajah di Indonesia adalah para investor luar yang memilki andil terbanyak terhadap perkembangan suatu perusahaan, pabrik ataupun usaha-usaha yang lain. Sehingga cukup sulit untuk dimasuki fill islam didalamnya. Meski kadang ada juga beberapa perusahaan atau instansi yang berdalih menggunakan embel-embel kata syariah, namun tetap saja dalam prakteknya masih ada hal yang menyimpang dari islam. Wallahu a’lam Bisshawab…

Refrensi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar