Nama : Munirotun Nisak
NIM :
26.10.1.1.016
1. Berikut
pengertian-pengertiannya
a. difersification strategy
adalah sebuah strategi perusahaan untuk menaikkan penetrasi pasar.
b. Turnaround strategy
merupakan strategi yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengembalikan
perusahaan dari kondisi penurunan prestasi ke kondisi berlaba (Jane, 2000)
c. Defensive strategy
adalah strategy bertahan. bertujuan mengurangi kemungkinan diserang,
membelokkan serangan ke arah yang tidak membahayakan, atau mengurangi intensitasnya.
d. Agresif strategy
merupakan strategi yang berusaha menangkap gerakan harga yang terjadi di pasar
sedini mungkin untuk mendapatkan profit yang maksimal.
2. Carilah
definisi komunikasi bisnis!!!
Ø Komunikasi
a. Komunikasi
adalah suatu upaya yang sistematis untuk merumuskan secara tegas
prinsip-prinsip dan atas dasar prinsip tersebut tersebut disampaikan informasi
sertab dibentuk pendapat dan sikap (Carl L. Hovland).
b. Komunikasi
adalah “Who says, what in, which channel, to whom ans with what effect”.
ü Siapa
yang mengatakan
ü Dengan
atau melalui saluran apa
ü Kepada
siapa
ü Dengan
efek atau pengaruh apa
(Harold
D. Laswel)
c. Komunikasi
adalah proses menyortir, memilih, dan pengiriman simbol-simbol sedemikian rupa
agar membantu pendengar membangkitkan respons/ makna dari pemikiran yang serupa
dengan yang dimaksudkan oleh komunikator (Raymond Ross).
Ø Bisnis
a. Bisnis
adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya untuk
mendapatkan laba.
b. Bisnis adalah suatu lembaga yg
menghasilkan barang dan jasa yg dibutuhkan masyarakat.apabila kebutuhan
masyarakat meningkat, maka lembaga bisnispun akan meningkat pula
perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh laba
(Brown dan Petrello).
c. Bisnis
adalah perdagangan yg dilakukan oleh sekelompok orang yg terorganisasi untuk
mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi
kebutuhan konsumen (Mahmud Machfoed).
Ø Komunikasi Bisnis
a.
Komunikasi Bisnis adalah adanya
pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian
tujuan komersil. Komunikasi bisnis’ diartikan sebagai komunikasi yang terjadi
dalam dunia bisnis dalam rangka mencapai tujuan dari bisnis itu (Katz, 1994).
b.
Menurut Rosenbaltt (1982:7) Business Communication are purposive
interchange of ideas, opinions, information, instructions, and the like,
presented personally or impersonally by symbols or signal as attain the goals
of the organizations“ (Komunikasi Bisnis adalah pertukaran ide-ide opini,
informasi, instruksi dan sejenisnya, yang dikemukakan baik secara personal
ataupun nonpersonal melalui simbol atau tanda, untuk mencapai tujuan-tujuan
perusahaan).
c.
Menurut Persing (1981:108) “Business communication may be defined as the spiraling process of the
transaction of meanings through symbolic action involving all elements
associated with sending and receiving written, oral, and nonverbal messages
internal to organizations of paid people working together to produce and market
goods and services for provit (Komunikasi Bisnis adalah proses penyampaian
arti melalui lambang-lambang yang meliputi keseluruhan unsur-unsur yang
berhubungan dengan proses penyampaian dan Penerimaan pesan, baik itu dalam
bentuk tulisan, lisan, maupun nonverbal yang dilakukan di dalam suatu
organisasi yang membayar orang yang secara bersama-sama memproduksi dan
memasarkan barang-barang dan jasa guna memperoleh keuntungan).
3. Apa perbedaan dan persamaan
komunikasi bisnis dengan komunikasi bisnis islam???
Sebenarnya
sama saja, dua hal ini sama-sama mengatur dan menjelaskan mengenai konsep
berbisnis yang baik. Namun ada beberapa hal yang memang berbeda. Jika
komunikasi bisnis umum lebih memfokuskan ke cara kerja, produksi, pelayanan dan
laba yang didapat. Sebenarnya begitu juga dengan komunikasi bisnis islam, akan
teetapi di dalamnya terdapat beberapa etika yang komunikasi bisnis umum tidak
miliki. Salah satunya berpedoman pada Qur’an dan hadist, dimana terdapat
hal-hal yang tidak boleh ada didalamnya seperti riba, korupsi, curang, dan
lain-lain.
4. Mengapa implementasi komunikasi
bisnis islam di Indonesia itu kurang bias berjalan dengan islam?
Hilangnya
atau belum adanya fill islam dalam
berbisnis di masyarakat Indonesia, menurut saya dikarenakan masih kurangnya
kesadaran akan pentingnya suatu pedoman yaitu al-Qur’an dan hadist. Sistem
kapitalis yang berkembang di masyarakat luas, sangat dipengaruhi oleh
kebudayaan barat yaitu adanya penjajah pada masa lampau. Dan saat ini pun
penjajah di Indonesia adalah para investor luar yang memilki andil terbanyak terhadap
perkembangan suatu perusahaan, pabrik ataupun usaha-usaha yang lain. Sehingga
cukup sulit untuk dimasuki fill islam
didalamnya. Meski kadang ada juga beberapa perusahaan atau instansi yang
berdalih menggunakan embel-embel kata
syariah, namun tetap saja dalam prakteknya masih ada hal yang menyimpang dari
islam. Wallahu a’lam Bisshawab…
Refrensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar